Ada orang melakukan ibadah haji dengan istrinya, kedua suami
istri itu sudah tiga kali melakukan haji, kemudian pada waktu sudah masuk
karantina suaminya meninggal dunia dan si istri akan melakukan perjalanan haji
dengan mahrom keponakannya. Tetapi oleh seorang ulama tidak diperkenankan dengan
alasan bahwa ibadah haji perempuan itu hukumnya sunat, sedangkan ihdad dan tidak
keluar rumahnya itu hukumnya wajib.
Apakah larangan atau alasan itu benar atau tidak? dan apakah
tidak termasuk dalam kaidah:
الحاجة تنزل منزلة الضرورة
Sedangkan
الضرورة تبيح المحظورة
Jawaban
Perempuan tersebut boleh memilih antara menunda dan
melangsungkan perjalanan hajinya, tetapi menundanya lebih utama.
Dasar Pengambilan Dalil
Al-Mahalli, I: 56
Al-Um: V/ 228
وإن أذن لها بالسفر فخرجت أو خرج بها مسافرا إلى حج أو
بلد من البلدان فمات عنها أو طلقها طلاقا لا يملك فيه الرجعة فسواء ولها الخيار في
ان تمضي في سفرها ذاهبة أو جائية وليس عليها أن ترجع إلى بيته قبل أن ينقضي
سفرها.
Jika seseorang mengizini istrinya pergi, kemudian istrinya
pergi atau perjalanan untuk haji, atau pergi kelain Negara, kemudian suaminya
meninggal dunia, atau menalaq istrinya dengan talaq yang tidak rujuk, maka istri
boleh memilih untuk meneruskan perjalanannya pergi atau datang (kerumahnya). Dan
dia tidak wajib bagi istri tersebut langsung pulang kerumah suaminya sebelum
selesai perjalanan.
فإذا انتقلت ببدنها وإن لم تنتقل بمتاعها ثم طلقها أو مات
عنها اعتدت في الموضع الذي انتقلت إليه بإذنه (قال) سواء أذن لها في منزل بعينه أو
قال لها انتقلي حيث شئت أو انتقلت بغير إذنه فأذن لها بعد في المقام في ذلك المنزل
كل هذا في أن تعتد فيه سواء (قال) ولو انتقلت بغير إذنه ثم يحدث لها إذنا حتى طلقها
أو مات عنها رجعت فاعتدت في بيتها الذي كانت تسكن معه فيه.
وهكذا السفر يأذن لها به فإن لم تخرج حتى يطلقها أو يتوفى عنها أقامت في منزلها ولم تخرج منه حتى تنقضي عدتها وإن أذن لها بالسفر فخرجت أو خرج بها مسافرا إلى حج أو بلد من البلدان فمات عنها أو طلقها طلاقا لا يملك فيه الرجعة فسواء ولها الخيار في ان تمضي في سفرها ذاهبة أو جائية وليس عليها أن ترجع إلى بيته قبل أن ينقضي سفرها فلا تقيم في المصر الذي أذن لها في السفر إليه إلا أن يكون أذن لها في المقام فيه أو في النقلة إليه فيكون ذلك عليها إذا بلغت ذلك المصر.
وهكذا السفر يأذن لها به فإن لم تخرج حتى يطلقها أو يتوفى عنها أقامت في منزلها ولم تخرج منه حتى تنقضي عدتها وإن أذن لها بالسفر فخرجت أو خرج بها مسافرا إلى حج أو بلد من البلدان فمات عنها أو طلقها طلاقا لا يملك فيه الرجعة فسواء ولها الخيار في ان تمضي في سفرها ذاهبة أو جائية وليس عليها أن ترجع إلى بيته قبل أن ينقضي سفرها فلا تقيم في المصر الذي أذن لها في السفر إليه إلا أن يكون أذن لها في المقام فيه أو في النقلة إليه فيكون ذلك عليها إذا بلغت ذلك المصر.
Artinya: jika seseorang mengizinkan istrinya pergi,
kemudian istrinya pergi atau pergi untuk haji, atau pergi ke Negara lain,
kemudian suaminya meninggal dunia atau mentalak istrinya dengan talak tidak
ruju' maka bagi istri boleh memilih untuk meneruskan perjalanannya pergi atau
datang (ke rumahnya). Dan tidak wajib bagi istri tersebut langsung pulang ke
rumah suaminya sebelum selesai perjalanan.
Al-idloh: 60
انه لو مات مثلا قبل احرامها لزمها الرجوع معه وإلا معه
وإلا فالذى يظهر أنه ينظر الى ماهو مظنه السلامة والأمن أكثر.
Sesungguhnya seandainya suaminya mati sebelum dia (istri)
ihrom maka wajib baginya pulang kerumah suaminya, jika tidak pulang, maka
menurut yang dhohir dipandang dari prasangka selamat, dan aman yang lebih
banyak.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar