Senin, 28 Januari 2013

ciri 2 darah haid

  ciri 2 darah haid tu di bagi 3
pertama :
 bila dari segi warnanya;darah haid akan cendrung merah matang  ,hal ini karna darah tersebut bukan darah yang umum seperti darah yg mengalir di tubuh kita ,melainkan darah haid adalah darah yang asalnya adalah sel indung telur,lebih jelasnya lihat disini      .
kedua :
bila di lihat dari zatnya darah had ini akan memiliki tekstur yang agak kental
ketiga :
di lihat dari segi baunya darah haid akan lebih bau di bandingkan darah umum he he ( namanya juga barang basi )
darah yang memiliki ciri 2 memenuhi tiga kriteria tersebut di dalam ilmu fiqihdi namakan darah  kuat.maksudnya kuat menunjukkan darah haid.adapun darah yang keluar dari rahim wanita
itu di bagi menjadi 5 macam
yang pertama : merah matang
        kedua    : merah
        ketiga     : merah kekuningan
        ke empat: kuning
        ke lima   : coklat
kendati demikian apa bila ada seorang wanita mengeluarkan darah haid tidak lebih dari 15 hari maka kesemuanya tetap di namakan darah haid.
terkecuali bila darah yang keluar itu lebih dari 15 hari maka kita harus melihat ciri 2 darah tersbut agar kta bisa menentukan antara darah haid dan darah istihadhoh lebih jelasnya ikuti contoh di bawah ini .
misalnya rini suatu hari mengeluarkan darah haid selama 18 hari yg 7 hari darahnya merah matang ,kental ,bau ,sedang yang 11 hari warnanya merah ke kuningan ,cair dan tidak bahu .maka cara penentuan hai d nya adalah kita lihat bahwa darah yg keluar yg menunjukkan ciri 2 darah haid itu yg mana maka itulah dara haid dan darah yg lemah menunjukkan darah haid itu adalah darah istrihadoh atau darah penyakit,dalam contoh rini diatas darah yg kuat menunjukkan ciri 2 darah haid adalah 7 hari awal sedang yang 11 hari akhir lemah menunjukkan darah haid maka pnentuan hukumnya haid rini nadalah 7 hari awal dan 11 hari akhir di namakan darah penyakit atau itihadhoh.
lebih jelasnya lihat postingan  macam macam istihadhoh ,yang akan saya bahas nanti insyalloh.

4 komentar:

  1. thanks infonya mas. sangat bermanfaat penjelasan tentang ciri-ciri darah haid. senang sekali bisa berkunjung ke blog ini

    BalasHapus
  2. sama sama ,obat haid herbal alami semoga tambah laris aja.

    BalasHapus
  3. Mas teman saya haid merasakan sakit sekali pada perut nya. Dan baru kali ini haid nya terlambat terus banyak juga mengeluarkan darah. Sebenar nya apa yg terjadi sama teman saya...?

    BalasHapus
  4. rasa sakit saat di rasakan wanita saat mengalami masa haid dan ini akan menjadi hilang saat telah menikah,namun jika ini berkelanjutan maka segeralah memeriksakan diri ke dokter,dan mengenai darah haid yang terlalu banyak maka dapat di ketahui apakah ini darah penyakit atau haid dengan dua hal pertama
    jika darah keluar pada waktunya haid maka
    lihat dari lamanya saat mengeluarkan darah jika proses keluarnya lebih dari 15 hari hal ini jelas menunjukkan bahwa tidak semua darah haid dalam arti antara darah penyakit dan darah haid terjadi kesinambungan maka untuk membedakan mana yang darah haid dan mana darah penyakit dapat dilihat dari ciri 2 drahnya perlu di ingat bawa darah haid mempunyai ciri ciri berwarna merah matang kental dan bau ,untuk menentukan haid dan penyakitnya maka darah yang ciri cirinya kuat menunjukkan darah haid itulah darah haid dan darah yang lemah menunjukkan ciri ciri darah haid maka itu kemungkinan adanya iritasi pada uterus atau pada jalur rahim.namun jika semua darah yang keluar itu tak lebih dari 15 hari maka semuanya tetap di namakan darah haid ,karena proses lunturnya sel indung telur atau darah haid itu memang di mulai dari kecoklatan lalu kekuning kuningan merah matang lalu kecoklatan kembali baru suci.
    kedua
    darah yang keluar bukan pada waktunya haid maka darah ini dapat di kategorikan darah penyakit contoh
    haid baru saja berhenti namun belum ada 15 hari sudah keluar lagi ,untuk memastikan tentu di butuhkan pemeriksaan yang lebih lanjut ,namun yang paling umum biasanya hal ini karena adanya iritsai pada saluran rahim wallahu a,lam semoga bermanfaat

    BalasHapus